Saat kita mendaftarkan GMail biasanya akan langsung diberikan space penyimpanan cloud gratis di Google drive sebesar 15GB. Bila belum, anda bisa lihat cara membuat akun gmail terlebih dahulu. Dengan menyimpan file di google drive akan mempermudah kita untuk mengakses, dan bekerja bersama rekan sejawat atau bahkan anda bisa membaginya dengan semua orang yang ada di internet. Ada beberapa cara untuk menyimpan/upload file ke google drive. Tutorial ini akan membahas bagaimana cara yang mudah untuk upload sebuah file Microsoft Word ke google drive.
A. Upload dari google drive
1. Pertama-tama, buka dahulu web browser anda lalu buka halaman drive.google.com

2. Pada tampilan halaman google drive, pilih lokasi folder yang ada pada google drive dimana file akan kita upload/unggah lalu double click

3. Setelah itu pada area folder tersebut klik kanan, pada popup menu yang muncul pilih upload file

4. Selanjutnya pada jendela dialog yang muncul, pilih lokasi folder tempat file berada lalu pilih file yang akan di upload. Kemudian klik tombol Open.

5. Tunggu hingga proses upload selesai. Lama proses upload akan tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet. semakin besar ukuran file akan membutuhkan waktu yang lebih lama. semakin cepat bandwidth internet maka akan semakin cepat proses akan selesai. Setelah proses upload berhasil maka file tersebut akan langsung ditampilkan di area google drive.

Cara kedua untuk upload file ke google drive adalah melalui window explorer.
B. Upload file melalui Window Explorer
1. Pertama tama buka window explorer lalu pilih lokasi file yang akan di upload
2. Klik (dan tahan) file yang akan di upload, lalu drag ke area google drive yang ada di web browser.

3. Tunggu hingga proses upload file selesai. Setelah proses upload berhasil maka preview file tersebut akan langsung ditampilkan di area google drive.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini video praktek Menyimpan File dari Komputer/ Laptop ke Google Drive
Jangan lupa subscribe yah… 😀
Tinggalkan Balasan